Awas !! Keracunan Pada Kucing

No comment 1428 views

kucing keracunan2

 

Om dan tante apakah pernah mengalami kucing nya keracunan hingga mengalami kematian, ga kebayang ya om dan tante pasti panik harus bagaimana ?.

Nah kali ini saya akan bahas tentang keracunan pada kucing, mulai dari zat berbahaya yang harus dihindari, gejala dan pertolongan pertama.

 

Taukah om dan tante, kucing merupakan hewan yang secara alaminya memiliki rasa penasaran dan suka menjelajah. Ketika bermain di lingkungannya memungkinkan ia berkontak dengan tanaman, zat kimia, serangga ataupun hewan lain. Oleh karena itu, bisa mengalami keracunan. Racun merupakan zat yang masuk ke dalam tubuh dengan berbagai cara, dimana mampu menghambat respons sistem biologis dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan, penyakit, bahkan kematian. Keracunan pada hewan seringkali disebabkan oleh makanan atau bahan kimia.

 

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab keracunan dan akan lebih mudah diidentifikasikan apabila owner mengetahui dengan jelas kucingnya menjilat, memakan atau berkontak dengan apa.

 

Beberapa zat berbahaya yang perlu dijauhi dari kucing kesayangan om dan tante :

  1. Insektisida seperti obat nyamuk
  2. cairan pembersih lantai, detergen
  3. Racun tikus
  4. Kamper
  5. Pupuk tanaman
  6. Makanan seperti coklat, bawang merah, bawang putih, alpukat

 

Berikut ini beberapa gejala keracunan pada kucing, agar om dan tante bisa waspada :

  1. Iritasi pada mulut
  2. Berliur
  3. Muntah
  4. Diare
  5. Kejang
  6. Koma bahkan kematian

 

Inilah om dan tante cara memberikan pertolongan pertama nya :

ketika melihat gejala ini muncul maka perlu tindakan untuk mencegah penyerapan racun

  1. Berikan norit dengan dosis 1 butir untuk berat badan 2-4 kg
  2. Tiga puluh menit setelahnya berikan cairan yang bersifat melapisi usus yaitu, susu, putih telur atau minyak sayur. Selanjutnya berikan air hangat.

 

Setelah mendapat pertolongan pertama, segeralah om dan tante bawa ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan pertolongan berikutnya sebelum terlambat (kematian), Jangan lupa untuk membawa kemasan atau benda yang diduga menjadi penyebab kucing keracunan.

 

*Sumber Gambar Google

author