Manfaat Steril Kucing Jantan

No comment 3602 views

Hai, aku Mikky yuk kita baca artikel manfaat steril.

Hai, aku Mikky yuk kita baca artikel manfaat steril.

Steril pada kucing jantan disebut juga kebiri. Kebiri adalah tindakan bedah / operasi mengangkat testis pada hewan jantan untuk menghilangkan hormone reproduksinya yaitu testosterone. Berikut beberapa manfaat steril pada kucing jantan apabila dilakukan sebelum kucing berahi.
1. Mengontrol populasi kucing. Steril pada kucing jantan akan menghindari perkawinan yang tidak direncanakan dan secara tidak langsung ini akan mengontrol populasi kucing. Hal ini juga memberikan kesempatan bagi pemilik untuk merawat kucing-kucingnya lebih maksimal.
2. Mencegah kucing jantan mencari betina untuk kawin. Kucing betina ketika berahi akan mengeluarkan feromon, dan feromon ini bisa dicium oleh jantan meskipun jaraknya jauh. Apabila belum disteril, ia akan mecari betina yang sedang berahi tersebut. Jadi, kucingnya bisa mengembara keluar rumah. Kucing jantan yang telah disteril kurang bereaksi terhadap feromon.
3. Mencegah spraying atau pipis sembarangan untuk menandai wilayahnya. Apabila kucing jantan disteril sebelum ia mengalami berahi maka dapat mencegah spraying. Namun apabila steril dilakukan setelah kucing jantan sudah pernah spraying maka sifatnya tidak menghilangkan namun mengurangi dan itupun tidak instan melainkan butuh waktu.
4. Mencegah perilaku agresif. Perubahan metabolisme hormon setelah kucing disteril akan mengurangi perilaku agresifnya. Kucing yang agresif memungkinkan untuk berkelahi dan pascanya bisa terjadi perlukaan. Dari luka terbuka, bisa masuk bakteri atau agen penyakit lain yang bisa membahayakan kucing tersebut.

Mikky mau disteril juga ah.

Mikky mau disteril juga ah.

author